Jumat, 25 Februari 2011

Capcay Salmon Balls

Kamu sering dicap tidak bisa masak? Atau kamu merasa tidak cukup punya banyak waktu untuk mengolah makanan sendiri? Mungkin kamu malas masak karena tak percaya diri? Atau mungkin jg kamu tak memulai masak karena merasa memasak itu ribet dan sukar?

Saya mungkin termasuk dia yang malas memasak karena merasa tak punya cukup banyak waktu, agak males, dan pada akhirnya seringkali dicap tidak bisa masak :D

Akhir-akhir ini, saya sering bosan dengan kegiatan disabtu pagi/siang. Mall dijakarta itu-itu saja meski isinya berubah beberapa bulan sekali, tapi terus terang saya sedang belajar menata keuangan, agar bisa membeli sendiri "sesuatu" yg saya idamkan meski harganya cukup mahal hoho.jadilah saya menggunakan momentum ini untuk kembali berdapur ria :p

Sebelum 2 minggu yg lalu saya sempat membuat kue (wktu itu muffin coklat kismis), minggu ini saya terpacu untuk membuat masakan yg lebih "rumahan" sehingga bs dinikmati dengan sederhana.

Saya memilih untuk memasak capcay, tdk ada alasan khusus sih kenapa memilih ini, tapi ternyata memasak capcay tidak serumit yg saya kira. Kamu jg pasti bisa. Ga percaya? Berikut saya bagi resep cara membuatnya, silahkan dicoba sendiri :)

Capcay Salmon Balls
(U/ yg baru pertama kali masak, sebaiknya masak untuk porsi sedikit dulu, resep ini u/ 3-4 posrsi)

Yg perlu dipersiapkan adalah :
1. 2 batang Wortel ukuran sedang, dipotong tipis-tipis aja, bentuknya sesuai selera.
2. Sawi putih, ga perlu banyak2, kalau satu gumpalan sawi gtu,ambil potongan 1/4 bagian aja lalu dipotong seperti memotong sawi hijau (melintang).
3. Brokoli, ini juga ga usah terlalu banyak, ambil lima batang kecil, lalu potong2 menjadi bagian yg lebih kecil lagi.
4. Bakso ikan salmon (bisa dibeli disuper market, biasanya ini dijual bersama bahan2 shabu2) dipotong sesuai keinginan.
5. Daging ayam boneless (biasanya bagian dada), potong dadu.
6. Paprika, 1/4 bagian saja. Bersihkan biji dan bagian dalamnya, lalu dipotong dadu.
7. Jamur apa aja, asal jangan jamur kuping. Dipotong-potong juga.
8. 1 siung bawang putih yg agak besar, iris tipis2, lalu ditumbuk2 sedikit.
9. 2 siung bawang merah, diiris tipis.
10.1 cabe merah, diiris.
11.1 bagian jahe, kecil saja.
12. Garam secukupnya
13. Penyedap rasa sapi/ ayam.
14. Segelas air
15. 1 sendok makan tepung maizena yang dilarutkan dalam air hingga tidak menggumpal. Jangan terlalu byk jg airnya.
16. Minyak goreng/olive oil.

Bagaimana membuatnya?:
Pertama, siapkan wajan ukuran sedang, panaskan minyak. Setelah panas, masukan irisan bawang merah dan bawang putih, aduk hingga sedikit layu lalu masukkan tomat, cabai dan jahe, dan potongan ayam. Aduk terus hingga ayam berubah warna menjadi putih. Masukkan wortel dan bakso ikan, setelah itu masukkan air, garam secukupnya, dan penyedap rasa sedikit saja. tetap aduk sampai keliatan mendidih, lalu masukkan brokoli, sawi putih, jamur dan paprika, aduk terus. Jangan lupa dicicipi apakah rasanya sdh pas. Jika kurang gurih bs ditambahkan garam, kalau keasinan bisa masukkan air lagi sedikit2 hingga rasanya pas. Lalu yang terakhir masukan larutan tepung maizena, sambil diaduk hingga kuahnya mengental. Biarkan mendidih. Angkat dan siap untuk disajikan.

Mudahkan? Silahkan mencoba dan semoga berhasil :)

Love,
M.I

Tidak ada komentar: