Minggu, 21 Agustus 2011

Sabar?

Dia selalu bisa memberi pelajaran dari apa saja, kita mungkin sulit menduga tapi ketika terjadi kita hanya tinggal menjalani saja.


pagi ini kesabaran saya diuji dengan kadar yang cukup, ada hal yang beberapa minggu ini saya coba redam, konsentrasi untuk hal-hal lain yang lebih penting untuk diurus. tapi entah mengapa, pagi ini rasanya saya hampir dipuncak kesabaran.

saya pernah berbincang sedikit tentang "sabar" ini dengan seorang teman dekat, berawal dari tulisannya tentang "batas" kesabaran disebuah jejaring sosial yang kami geluti bersama. kalau tidak salah ingat, dalam tulisannya itu ia mempertanyakan dan sekaligus menemukan jawaban bahwa sebenarnya manusia memiliki batas kesabaran, yang karena fase dalam hidupnya, "batas kesabaran" itu bisa saja semakin melebar, menjauh, dengan kata lain seseorang yang memang mencoba sabar akan menjadi lebih sabar.

sebagian jiwa saya yang cukup logis sudah hampir meluapkan yang rasanya sudah sangat tepat untuk saya luapkan, tapi sebagaian yang lain menentang mati-matian seolah menasihati bahwa apapun yang meledak tentu tidak akan menjadi baik, kecuali ledakan bintang.



saya pikir, saya hampir sampai dikelelahan. saya jaga sekali waktu dan masa, berusaha untuk tenang hingga semuanya bisa berjalan lebih baik, padahal sebenarnya tentu saja tidak demikian yang sepertinya tidak perlu saya ceritakan. saya hanya butuh seseorang yang dapat mengerti usaha saya, usaha untuk selalu sabar, usaha untuk menjaga hal yang saya pikir perlu dijaga. bukan seseorang yang hanya bisa melihat kesalahan-kesalahan yang saya lakukan dan melakukan pembenaran-pembenaran atas apa yang ia ingin lakukan.



saya tak pernah bisa mengeluarkan emosi saya, kecuali mungkin dengan diam dan menangis. tapi itu tidak saya pilih, saya sudah lumayan lelah. Saya juga tak memilih untuk memulai berdiskusi, karena saya pikir sudah seharusnya kita semua belajar menjadi dewasa tanpa dipaksa oleh pemikiran orang lain, bukan?.



mungkin kali ini, menambah kadar ketidakpedulian adalah pohon yang paling rindang untuk memetik buah kesabaran. semoga saja :)


Love,

M.I

Tidak ada komentar: