Senin, 12 April 2010

"Janji" :D

Apa yg kamu tau tentang supernova? saya hanya tau 2 hal.

yang pertama itu adalah novel favorit saya, meskipun saya baca ketika masih smp (smp atau awal sma ya? agak pikun :p) dan meskipun novel pertamanya ngejelimet dan rada aneh (aneh dan "berat" adalah dua hal yang rancu disini hehe), tapi serius sekali kamu pencinta novel harus membaca kisah si Bodi dalam "akar", buku supernova ke 2 karangan siapa lagi kalau bukan Dee (nama buku Dewi Lestari).

yang kedua, supernova adalah sebuah ledakan (explosion) yang biasa disebut sebagai stellar explosion, sama halnya dengan nova, tapi karena ledakannya lebih kuat dari si nova itu, maka ledakan yang indah ini disebut Supernova. sebenarnya saya juga ga paham-paham banget sih tentang supernova hoho, tapi yang saya tau pasti sebuah ledakan biasanya menimbulkan efek/ akibat yang buruk ledakan apapun itu, ya kan? baik ledakan bom, ledakan kompor sampai dengan ledakan emosi hehe. tapi supernova justru menimbulkan efek yang emm.. indah? . :)
have you ever seen a beauty like this? :




ain't she lovely? well, for me she is. actually dulu jaman SMA, saya ingat sekali ada pelajaran fisika yang membahas tentang fenomena ini, tapi ya karena buku fisika saya yang terlalu tebal itu jarang sekali saya manfaatkan, supernova tetap menjadi asing :p

aniway, kenapa saya membahas supernova? jawabannya ga penting sih hoho, karena akhir-akhir ini saya sangat amat menyenangi 2 kata : rasi bintang, dan dua nama : Cassiopeia dan Andromeda. well, ini sebenarnya tidak berawal dari saya menonton "Clash of The Titans" bareng cindra, aning, dika dan Zul jumat lalu, tapi memang itulah titik dimana saya mengingat kembali, bahwa saya pernah menyukai dua 2 kata dan dua nama tersebut :p

Cassiopeia dan juga Andromeda, adalah nama rasi bintang (constellation) di galaksi milky way, yang keduanya diambil dari nama ratu dan putri dari kerajaan Ethiopia. sang Ratu bernama Cassiopeia dan anaknya Andromeda konon mengkhutuskan diri sebagai wanita tercantik bahkan melebihi kecantikan putri Poseidon, sang Dewa Laut. (begitulah kira-kira inti dari cerita mitologi kuno Yunani) yang selanjutnya bisa ditebak bahwa sang dewa laut kemudian mengirimkan mahluk laut besar yang menyeramkan untuk memakan kedua wanita cantik tersebut.

Perkenalan saya dengan Cassiopeia sebenarnya tidak diawali karena kegemaran saya memandangi bintang-bintang, atau mencari tau tentang galaksi dan alam semesta hoho. perkenalan saya justru berawal dari, emmm... musik.
bertahun-tahun yang lalu, ada seorang teman dekat yang memberikan saya sebuah cd, tidak berjudul, tidak bercover dan tidak diketahui jelas itu cd lagu atau cd file makalah atau tugas sekolah hoho. di cd itu tertulis tulisan tangan yang sangat saya kenal : "Casiopeia". begitu saja, sangat amat sederhana.

saya putar CD itu, dulu karena saya belum punya mp3 player, saya putar pake disk man deh (belakangan saya merasa disk man jauh lebih cool dri mp3 player :p) alhamdulilah ternyata isinya lagu-lagu hoho. nah karena kesalahan kesederhanaan (see? kadang-kadang kesederhanaan bisa salah juga :p) saya tidak pernah tau judul lagu-lagu yang saya putar. saya hanya ingat, saya selalu menyukai lagu yang saya sebut "track.5".
entah kenapa, setiap saya memutar track tersebut, yang terbayang dibenak saya hanyalah "saya sendirian disuatu tempat yang tinggi, indah, sepi, tetapi sangat menyenangkan dan merasakan apa yang mungkin disebut "harmony?" hihihi ga jelas yah? tapi ya begitu deh. tunggu sampai kalian dengar sendiri. :p

sejak saat itu, saya suka dengan casiopeia, saya mencari tau apa sih artinya, yang kemudian saya mengerti bahwa itu nama rasi bintang, dan ada satu rasi lagi yang mungkin lebih dikenal orang awam, "Andromeda".

Band casiopeia adalah band Jepang dengan aliran musik jazz fusion (jazz dengan sentuhan rock) yang sangat mendominasi musik dunia di tahun 80'an, jazz fusion adalah aliran musik favorit saya setelah bosanova. jantung utama fusion terletak dalam dua instrument yang tidak terpisahkan, yakni organ, dan bass . namun pada intinya, hanya didalam musik fusion lah semua instrument terdengar saling melengkapi dan menyatu, pdahal semuanya sangat amat dominan. sayang sekali era keemasan fusion sudah mati sejak awal tahun 90-an, diganti dengan pop, pop rock, pop dut, rock melayu dan lain sebagainya dan lain sebagainya sampai sekarang.

Pada suatu hari, emm tepatnya hari ini sih hoho. saya berusaha menemukan kembali "harmoni" itu. Track5 yang saya sebut diatas. CD yang diberikan teman dekat saya sudah lama menghilang dan tidak ditemukan keberadaannya, saya sempat pernah minta sih file Track5 itu, tapi sudah lama sekali dan saya juga sudah lupa disimpan dimana, laptop saya sudah lumayan sering diformat jadi kemungkinan file itu hilang sangat amat besar :p.

jalan yang kemudian terlintas dipikiran saya adalah: saya hubungi teman saya itu berusaha menanyakan "nama" sebenarnya si Track5, tapi ternyata doi juga lupa, dan tidak ingat hoho, dia berjanji akan mencarikan untuk saya nanti malam setelah doi kembali kerumah setelah bekerja. tapi dasar saya yang tidak sarapan dan tidak sabaran hoho, saya terlalu menggebuuuu-gebu ingin segera berjumpa dengannya (dengan track5 maksud saya :p) ga tau kenapa ya? rasanya kok kangen aja gtu hoho.

akhirnya setelah berbincang-bincang mengenai jalan keluar yang harus saya tempuh, (sebelumnya saya sudah cari-cari sendiri pake fasilitas gugel.com tapi nihil ) si teman berkata :

teman : "mungkin bisa ditemukan di youtube, dulu soalnya waktu jaman bikin skripsi aku sering dengerin dari youtube"
saya :"emm, ok dulu kamu keywordsnya apa ya?"
teman : "err kalo ga salah casiopea live 1987"
saya : "okeyy, akan aku cariiii"

saya mulai buka youtube, mencari dengan kata kunci yang persis sama, saya pikir awalnya ini akan mudah, ternyata banyak sekali klip-klip konser band itu, dengan judul lagu yang beda-beda. seandainya saya tau namanya, pasti semuanya akan sangat mudah :(
(lalu saya sadar dan berpkir, mungkin ini rasanya seperti mencari jodoh, kita ga pernah tau nama jodoh kita kan? seandainya tau, mungkin kita bisa langsung cari di buku telpon, yellow pages? :p)

dengan sabar, saya mencari, memutar klip. alhamdulilah ingatan saya tentang melodi lagu itu amat dalam, jadi sekali putar saja, saya tau lagu-lagu yang diputar itu bukan yang saya cari.
sampai akhirnya, saya melihat sebuah klip dideretan klip sebelah kanan, dengan tulisan judulnya yang sederhana. amat sangat sederhana.
sejak pertama liat, hati saya berbunga-bunga, saya tau klip itu lah orangnya, yang saya cari sejak hitungan jam yang lalu. tanpa menunggu terlalu lama dan dengan keyakinan yang memuncak bahwa kali ini saya benar, saya arahkan kursor dan klick! begitu bunyinya :p
silahkan mendengarkan :






aniway, judulnya "swear".

Cheers
Melly Indria








Tidak ada komentar: